Pada hari Senin (24/8) lalu, SMA Negeri 2 Grabag menyelenggarakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-26. Peringatan HUT tahun ini mengusung tema “Semakin Dewasa, Peduli Sesama”. Karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, di antaranya peserta HUT wajib memakai masker dan jaga jarak. Kegiatan berlangsung secara sederhana dan hanya diikuti oleh peserta terbatas, yaitu: guru, karyawan, serta perwakilan dari komite, siswa, dan warga masyarakat.

 

Peringatan HUT diawali dengan apel pagi. Kepala SMA Negeri 2 Grabag, bapak Masjhur Tjahjanto, S.Pd., M.Pd., selaku pembina apel menyampaikan sambutan agar segenap warga sekolah bergerak bersama demi kemajuan sekolah.

 

Pada kegiatan apel ini juga terdapat acara potong tumpeng yang diberikan kepada: guru terlama (ibu Kun Wiji Astuti, S.Pd. dan ibu Dra. Ratna Gunawati), serta karyawan terlama (pak Tafsis).

 

Usai apel berakhir, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan jalan sehat. Rute jalan sehat yaitu di lingkungan sekitar SMA Negeri 2 Grabag. Selama jalan sehat, guru dan karyawan juga turut melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

 

Siang hari setelah jalan sehat, kegiatan selanjutnya yaitu lomba-lomba. Perlombaan meliputi:

– lomba paduan suara untuk guru dan karyawan, dan

– lomba karya tulis ilmiah bagi siswa kelas X, XI, dan XII

 

Hasil dari perlombaan sebagai berikut:

Lomba Paduan Suara

– Juara 1 : kelompok IPS yang beranggotakan bapak ibu guru yang mengampu mata pelajaran IPS dan bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Perancis).

– Juara 2 : kelompok TU yang beranggotakan bapak ibu karyawan Tata Usaha.

 

Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa

– Juara 1 Kelas X:

Ganis Saputri (X IPS 1) dengan judul “Pembelajaran Daring Asik dengan PKK (Paketan Kuota Kemauan)”

– Juara 2 Kelas X:

Arifatun Khasanah (X IPS 1) dengan judul “Pembelajaran Jarak Jauh optimal Melalui WA”

 

– Juara 1 Kelas XI:

Aghna Nur Shabrina (XI MIPA 1) dengan judul “Covid-19 Alasan Siswa Malas Belajar”

– Juara 2 Kelas XI:

Fima Idamatus Silmi (XI MIPA 2) dengan judul “Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19”

 

– Juara 1 Kelas XII:

‘Ilma Nasikhatun Nisa (XII MIPA 1) dengan judul “Siswa SMANDAGRA Ampuh Gagalkan Corona”

– Juara 2 Kelas XII:

Dian Rahma (XII MIPA 3) dengan judul “Dampak Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajar”

 

Pada kesempatan kali ini, sekolah meluncurkan buku antologi dengan berjudul Jentera (Jendela Literasi). Buku ini merupakan kumpulan karya tulis ilmiah yang ditulis oleh bapak ibu guru SMA Negeri 2 Grabag serta telah diterbitkan di media cetak seperti koran. Nantinya buku ini dapat diakses di perpustakaan sekolah.

 

Untuk memeriahkan suasana, ada juga pembagian doorprize bagi peserta HUT. Sebanyak puluhan doorprize dibagikan, mulai dari kompor 2 tungku, pemanggang roti, jaket, peralatan dapur, dll.

 

Doorprize ini tidak dapat terlepas dari partisipasi sponsor yaitu: BKK Temanggung, Bank Jateng, Agatour, Artika Tukang Gawe Kaos dan Jaket, Restu Copy Center, Wiere Sport, Sumber Makmur, Foto Sinar Grabag, Penerbit Erlangga, CV Dwi Akbar (Pak Imam ATK), Tb Brangkal Jaya, Pak Eko, Nuki Widi Asmoro(Alumni), serta Wali Murid SMA Negeri 2 Grabag.

 

Sebagai penutup acara, SMA Negeri 2 Grabag juga berbagi kepada masyarakat sekitar sekolah. Pembagian sembako kepada masyarakat  ini sebagai wujud syukur dari pihak sekolah sekaligus bentuk kepedulian untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama yang kondisi ekonominya menjadi sulit karena adanya pandemi Covid-19. Terucap doa semoga pandemi yang melanda ini lekas hilang dan kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan seperti sedia kala.

 

Kegiatan selengkapnya dapat dilihat di rekaman live streaming melalui akun Instagram sekolah di @sman2grabag atau di Youtube sekolah.