Pemeriksaan Hemoglobin Siswi SMA Negeri 2 Grabag

Sosialisasi bahaya anemia oleh petugas Puskesmas Grabag I.

Grabag,  9 Januari 2023, SMA Negeri 2 Grabag mengadakan pemeriksaan hemoglobin. Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Grabag I, pemeriksanaan ini dilakukan rutin 1 tahun sekali. Sasaran dari kegiatan ini yaitu seluruh siswi kelas X. Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai skrining awal mengenai potensi anemia yang mengincar siswi.

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan sosialisasi mengenai bahaya anemia bagi perempuan berserta pencegahannya. Seperti yang dijelaskan oleh Beny selaku Ahli Gizi Puskesmas Grabag 1 “anemia sering terjadi pada remaja putri itu berbahaya di masa sekarang maupun masa depan”. Setelah dilakukan sosialisasi secara bergantian siswi dibantu oleh tenaga dari Puskesmas Grabag 1 mulai melakukan pengecekan hemogloblin.

Hemogloblin pada tubuh normalnya dikisaran angka 13, jika angka pada Hb meter menunjukkan angka <13 maka dapat disebut tidak normal. Anemia dibagi menjadi 3 jenis yaitu anemia ringan yaitu Hb pada angka 11-11,9, kategori kedua yaitu anemia sedang dengan kisaran HB 8-10, dan jenis yang ketiga yaitu anemia berat dengan kadar Hb < 8.

Penanganan bagi siswi yang mengalamai anemia ringan yaitu dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau, mengurangi minum teh, dan meminum tablet tambah darah seminggu sekali. Bagi siswi yang terdeteksi mengalami anemia sedang selain mengkonsumsi sayuran hijau dan mengurangi minum teh diharuskan untuk meminum tablet tambah darah sehari dua kali. Untuk siswi yang terdeteksi mengalami anemia berat dilakukan pemanggilan dan pengarahan untuk melakukan pengecekan ulang agar memperoleh penangan lebih lanjut. Penanganan berupa transfusi darah yang dapat dilakukan di rumah sakit terdekat.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan 36,42% dari 162 siswi yang anemia baik sedang, rendah, dan berat. Siswi yang mengalami anemia berat langsung ditindak lanjuti dengan pemanggilan siswi beserta orang tua. Bagi siswi yang mengalami anemia sedang dan rendah diberikan penguatan agar mulai mengubah pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi. Selain itu siswi diwajibkan untuk meminum tablet tambah darah yang dibagikan sekolah setiap minggu.

Penulis : sitara_At&Ss

Posts created 41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top