Grabag 10 Februari 2023, SMA Negeri 2 Grabag menggelar pengajian akbar memperingati Isra’ Mi’raj 1444 H / 2023 M sekaligus doa bersama kelas XII dalam rangkaian persiapan ujian sekolah di masjid Al-Kautsar, Kalikuto, Grabag, Magelang. Pengajian diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 2 Grabag yang beragama islam beserta guru dan karyawan. Acara dipandu oleh OSIS SMA Negeri 2 Grabag dengan dimeriahkan oleh tim hadrah sekolah. Sebagai pembicara yaitu Ustadz Fahrizal Ahmad (Gus Rizal) dari Geru, Sugihmas, Grabag, Magelang.

Gus Rizal menyampaikan perjalanan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang menaiki buroq untuk menuju langit ketujuh. Isra’ mi’raj diperingati pada setiap bulan rajab, bulan ke-tujuh pada tahun islam. Setelah nabi Muhammad SAW melaksanakan perjalanan isra’ mi’raj, beliau mendapatkan tugas yaitu tentang sholat 5 waktu yang sampai saat ini menjadi salah satu kewajiban umat muslim, dan termasuk rukun islam kedua setelah syahadat.

Gus Rizal mengingatkan bahwa kematian tidak ada yang mengetahui. Jika masih diberi kesempatan untuk hidup, berlombalah dalam hal kebaikan, sesuai dengan firman Allah SWT. Menjadi pintar saja tidak cukup jika kita tidak memiliki sikap yang baik. Maka akan sia-sia karena di akhirat nanti kita tidak hanya diukur dari kecerdasannya, namun kelak lebih dipentingkan amal kebaikan kita semasa kita hidup di dunia.

Beliau juga menyampaikan bahwa kita sebagai pelajar, memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu karena sesuai dengan pepatah jawa yang mengatakan bahwa “ngelmu iku kalakone kanthi laku” yang artinya bahwa setiap manusia berkewajiban untuk terus mencari ilmu dan mengamalkan ilmu yang ia dapatkan.

Disamping itu, kita sebagai pelajar juga memiliki kewajiban untuk menghormati bapak ibu guru. Seperti yang kita tahu bahwa guru adalah orang tua kita di sekolah, sama seperti orangtua kita di rumah kita juga harus menghormati bapak ibu guru layaknya kita menghormati orangtua kita dirumah. Gus Rizal juga menerangkan tentang solat. Ketika sudah baligh dosa akan ditanggung oleh diri sendiri.

Dipenghujung acara diakhiri dengan doa bersama untuk kelas XII yang akan melaksanakan ujian sekolah pada tanggal 27 Maret 2023.

 

(Admin K/MAM/RFA)