Kegiatan Rapat Sosialisasi Program Sekolah di SMA N 2 GRABAG dilaksanakan selama dua hari yaitu Hari Kamis,20 Februari 2025 dan Jum’at, 21 Februari 2025 dimana pada hari kamis dihadiri oleh Wali murid kelas XII sedangkan Hari Jum’at dihadiri oleh wali murid kelas X dan XI yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 07.30- 09.00 dihadiri oleh wali murid kelas X dan Sesi Kedua pukul 09.30- 11.00 dihadiri oleh wali murid kelas XI. Adapun kegiatan dimulai dari Pembukaan yang dipimpin langsung oleh Pembawa Acara,dilanjut menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipandu oleh Ibu Tri Puji Lestari lalu Sambutan Kepala Sekolah oleh Bapak Hendrat Vidityo,S.Sos. dan acara inti pemaparan materi pertama oleh Bapak Syaiful Bahri Zen,S.Pd.I Selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum dan dilanjut oleh Bapak Hendrat Vidityo,S.Sos selaku Kepala Sekolah SMA N 2 GRABAG.

Adapun hasil Rapat sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Kamis,20 Februari 2025 adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan siswa kelas XII selama bulan Ramadhan tidak libur akan tetapi awal Ramadhan siswa belajar mandiri di rumah di pantau orangtua dan guru. Kegiatan Belajar Mengajar berakhir pada 25 Maret 2025.
  2. Jumlah siswa masuk awal: 288, Jumlah siswa akhir: 275 dan Jumlah siswa mutasi masuk: 1.
  3. Ujian Praktik dilaksanakan 10-21 Februari 2025 sedangkan Ujian Tulis/PSAJ dilaksakan pada tanggal 10-21 Maret 2025.
  4. Pengumuman Kelulusan di awal mei 2025, Administrasi ijazah bulan mei 2025 dan pengambilan Ijazah awal juni 2025.
  5. Syarat Kelulusan adalah siswa menyelesaikan program pembelajaran dan nilai minimal Baik, Kehadiran 1 tahun terakhir tidak kurang dari 90 % hari efektif, mengikuti tes sumatif/PSAJ, dan memeperoleh nilai akhir rata-rata 73 dan nilai minimal 70.
  6. Selama proses Administrasi Ijazah siswa tidak diberkenankan untuk keluar daerah agar administrasi ijazah berjalan lancar karena diberlakukannya E Ijazah. Serta orangtua siswa untuk berperan aktiv dalam penulisan Identitas anak agar tidak terjadi kesalahan.
  7. Siswa memiliki kesempatan studi lanjut melalui SNBT/UTBK dan Jalur Mandiri. KIP Kuliah untuk antisipasi Finansial Orangtua. Mohon dukungan orangtua atau wali untuk anak dalam melaksanakan UTBK/SNBT.
  8. Sosialisasi 7 Kebiasaan anak Indonesia Hebat
    1) Bangun Pagi
    2) Beribadah
    3) Berolahraga
    4) Makan sehat dan Bergizi
    5) Gemar Belajar
    6) Bermasyarakat
    7) Tidur Cepat
  9. Sosialisasi 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif
  10. Sosialisasi 8 Dimensi Profil Lulusan dalam Pembelajaran Mendalam
    Keberhasilan Pembelajaran Mendalam diukur melalui delapan dimensi profil lulusan yang menjadi standar kualitas pendidikan.
    1) Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
    Pembelajaran Mendalam menekankan pentingnya nilai spiritual dalam pendidikan. Peserta didik diarahkan untuk memiliki keimanan yang kuat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    2) Kewargaan
    Melalui Pembelajaran Mendalam, siswa diajarkan untuk menjadi warga negara yang peduli, bertanggung jawab, dan aktif berkontribusi bagi lingkungan sekitar.
    3)Penalaran Kritis
    Salah satu fokus utama Pembelajaran Mendalam adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa agar mampu menganalisis masalah, mengevaluasi informasi, dan menemukan solusi yang tepat.
    4)Kreativitas
    Pembelajaran Mendalam mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan berbagai tantangan.
    5)Kolaborasi
    Melalui kegiatan kelompok dan proyek kolaboratif, siswa dilatih untuk bekerja sama, berbagi peran, dan mencapai tujuan bersama.
    6)Kemandirian
    Pembelajaran Mendalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri, tanpa ketergantungan yang berlebihan pada pihak lain.
    7)Kesehatan
    Kesehatan fisik dan mental menjadi bagian penting dalam Pembelajaran Mendalam. Keseimbangan antara akademis dan kesejahteraan siswa harus tetap dijaga.
    8)Komunikasi
    Pembelajaran Mendalam melatih siswa untuk menguasai keterampilan komunikasi yang efektif, baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu mendengarkan dengan baik.

Sedangkan hasil rapat yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 21 Februari 2025. Adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan siswa kelas X dan XI selama bulan Ramadhan tidak libur akan tetapi awal Ramadhan siswa belajar mandiri di rumah di pantau orangtua dan guru. Sekolah akan mengadakan pesantren Ramadhan yang akan dilaksanakan pada 10-19 Maret 2025, yang mana kelas X dilaksanakan pada 10,11,12,13 dan kelas XI dilaksanakan pada 14,17,18,19 .
  2. Pentingnya Pemilihan Mata pelajaran sesuai minat bakat siswa sesuai dengan survey awal pemetaan mata pelajaran pilihan siswa Kelas X dengan menyesuaikan rencana setelah lulus seperti Kerja,Kuliah dan Wiraswasta.
  3. Paket mapel 2025-2026 Kelas X Fase F
    1)Paket A (Biologi, Kimia, Fisika, Matematika Wajib) dengan Kouta: 108 Siswa.
    2)Paket B (Biologi, Fisika, Matematika Lanjut, Informatika) dengan kuota: 36 siswa.
    3)Paket C (Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Informatika) kuota: 108 siswa.
    4)Paket D (Ekonomi, Sosiologi, Sejarah Lanjut, Geografi) kuota: 36 siswa.
  4. Tanggal 27 Februari 2025- 5 Maret 2025 Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah.
  5. Tanggal 6-25 Maret 2025 Kegiatan Belajar Mengajar.
  6. Tanggal 10-21 Maret adalah PSAJ kelas XII.
  7. Tanggal 26 Maret 2025 sampai 6 April 2025 adalah Libur Hari Raya Idul Fitri
  8. Pertengahan mei adalah puncak gelar karya
  9. Peserta didik dihimbau untuk berzakat di sekolah sebagai sarana belajar siswa.
  10. Sosialisasi 7 Kebiasaan anak Indonesia Hebat
    1)Bangun Pagi
    2)Beribadah
    3)Berolahraga
    4)Makan sehat dan Bergizi
    5)Gemar Belajar
    6)Bermasyarakat
    7)Tidur Cepat
  11. Sosialisasi 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif
  12. Sosialisasi 8 Dimensi Profil Lulusan dalam Pembelajaran Mendalam
    Keberhasilan Pembelajaran Mendalam diukur melalui delapan dimensi profil lulusan yang menjadi standar kualitas pendidikan.
    1)Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
    Pembelajaran Mendalam menekankan pentingnya nilai spiritual dalam pendidikan. Peserta didik diarahkan untuk memiliki keimanan yang kuat dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    2)Kewargaan
    Melalui Pembelajaran Mendalam, siswa diajarkan untuk menjadi warga negara yang peduli, bertanggung jawab, dan aktif berkontribusi bagi lingkungan sekitar.
    3)Penalaran Kritis
    Salah satu fokus utama Pembelajaran Mendalam adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa agar mampu menganalisis masalah, mengevaluasi informasi, dan menemukan solusi yang tepat.
    4)Kreativitas
    Pembelajaran Mendalam mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan berbagai tantangan.
    5)Kolaborasi
    Melalui kegiatan kelompok dan proyek kolaboratif, siswa dilatih untuk bekerja sama, berbagi peran, dan mencapai tujuan bersama.
    6)Kemandirian
    Pembelajaran Mendalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri, tanpa ketergantungan yang berlebihan pada pihak lain.
    7)Kesehatan
    Kesehatan fisik dan mental menjadi bagian penting dalam Pembelajaran Mendalam. Keseimbangan antara akademis dan kesejahteraan siswa harus tetap dijaga.
    8)Komunikasi
    Pembelajaran Mendalam melatih siswa untuk menguasai keterampilan komunikasi yang efektif, baik secara lisan maupun tulisan, serta mampu mendengarkan dengan baik.