Penerimaan Tamu Ambalan

SMA Negeri 2 Grabag mempunyai sebuah program kerja Pramuka (Praja Muda Karana) yaitu PTA (Penerimaan Tamu Ambalan). Acara ini dilakukan pada tanggal 2-3 Agustus 2019 dengan slogan “Wajar, Tegas, Ceria” yang dilaksanakan di Pangkalan SMA Negeri 2 Grabag dengan ambalan Arung Matowa Dewi Sartika. Kegiatan ini dilakukan oleh DA (Dewan Ambalan), CDA(Calon Dewan Ambalan), serta siswa kelas X yang baru sebagai tamu ambalan.

Kegiatan PTA dipersiapkan selama 1 bulan oleh para DA dan CDA. DA dan CDA di pangkalan SMA Negeri 2 Grabag saling berbagi tugas. DA membuat konsep tema, pendaftaran peserta tamu ambalan, pita untuk penerima tamu ambalan. Sedangkan, untuk CDA bertugas sebagai api unggun, pensi (pentas seni), dan senam serta mempersiapkan dari segi lapangan serta konsumsi.

Kegiatan PTA ini dilaksanakan selama dua hari satu malam. Hari pertama diadakan upacara penerimaan. Acara penerimaan ini ditandai dengan penyematan pita tamu ambalan pada dua siswa kelas X. Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan permainan kecil di sore hari.

Puncak acaranya berupa penyalaan api unggun. Petugas api unggun berasal dari perwakilan CDA, sedangkan sebagai protokol dan penghidupan api unggun dilakukan oleh DA. Untuk lebih memeriahkan acara dimalam hari setelah upacara api unggun adalah pensi (pentas seni) yang sudah dipersiapkan dari masing-masing pendobrak dan petintis.

Pada hari kedua, di pagi hari dilakukan senam pagi yang dipimpin oleh kakak-kakak DA dan CDA. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan wide game dengan rute yang sudah dicari dan ditentukan oleh kakak DA dan CDA dengan persiapan konsep selama 1 bulan. Untuk acara penutupan yaitu diadakan acara sayonara.

Kegiatan PTA ini menjadi sebuah acara pramuka yang paling bermakna bagi setiap siswa karena dimana awal mula kegiatan kepramukaan dilakukan di PTA ini. Semua suka dan duka dialami baik itu dari DA, CDA, maupun dari peserta tamu ambalan itu sendiri.

Kak Irfan mempunyai pesan bagi DA “Saling menjaga tanggung jawab yang sudah diemban dan jangan melupakan perjuangan yang sudah dilakukan selama menjadi CDA dari kelas 10 hingga purna dikelas 12 ini. Untuk CDA, kami para DA ingin untuk melatih mental para pejuang sekaligus penerus DA yang sebentar lagi akan purna dan yang akan dipindah tangannya tanggung jawab kepada CDA kelas 11 walaupun kita tidak langsung lepas tangan tetapi kita hanya memantau bagiamana jalannya kegiatan Pramuka. Sedangkan untuk peserta, tetaplah semangat untuk mengikuti Pramuka di SMA Negeri 2 Grabag, berlatihlah untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab dalam kegiatan yang diadakan.”

Posts created 41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top